Event Pemuda Inspiratif

LayarBerita, Lhokseumawe – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, akan melaksanakan event Pemuda Inspiratif 2018 di Lhokseumawe, pada Sabtu-Minggu tanggal 8 dan 9 September 2018 di lapangan Hiraq Lhokseumawe. Kegiatan itu merupakan bentuk janji pemerintah dalam Nawacita Pesiden Joko Widodo.

Koordinator kegiatan Pemuda Inspiratif 2018, Akbar Halim, mengatakan, kegiatan tersebut akan digelar  di 8 provinsi dan 16 kota di Indonesia,  dengan tujuan pertama adalah Kota Lhoksumawe. Kegiatan ini akan mengumpulkan para pemuda berprestasi dengan kategori WNI dan berusia 16 hingga 30 tahun di setiap kota.

“Jadi tujuan kegiatan Pemuda Inspiratif 2018, untuk mencari para pemuda kreatif dan punya prestasi.  Dimana dengan ide dan prestasinya, dapat membuat inspirasi bagi masyarakat.  Ini juga untuk memacu kreatifitas masyarakat atau pemuda yang punya potensi untuk berkembang,”terang Akbar.

Untuk kegiatan utama ini, panitia akan memilih dua peserta terbaik, yakni 1 orang putra dan 1 orang putri untuk setiap kota.  Nantinya kedua peserta terbaik ini akan dikirim ke Banten untuk bersaing di tingkat nasional. Ada 9 kategori yang akan dilombakan oleh para peserta untuk bersaing nantinya.

Lanjutnya, adapun kategori yang diikutkan adalah, pariwisata, lingkungan, olahraga, musik, teknologi, wirausaha, pendidikan, kesehatan, dan pertanian.

Peserta bebas memberikan ide, konsep, gagasan, atau bahkan produk yang berkaitan dengan salah satu kategori tersebut. Nantinya penampilan peserta akan dinilai oleh juri yang dihadirkan oleh panitia pelaksana.

“Bagi 1 putra dan 1 putri terbaik di setiap kota akan dikirim mengikuti penyisihan nasional untuk memperebutkan hadiah berupa uang pembinaan.  Rencananya kegiatan serupa juga akan digelar di Kota Banda Aceh,”ungkapnya.

Selain itu, tambah Akbar, kegiatan ini hadir ditengah-tengah masyarakat dengan tujuan meningkatkan persatuan pemuda terhadap kebhinekaan, menjadikan kreativitas sebagai tembok pemerkokoh persatuan dan kemajuan bangsa, memberikan dampak berupa semangat patriotisme terhadap NKRI.

Dengan berdasar Undang-undang No 40 tahun 2009 tentang kepemudaan, sambung dia, kegiatan itu akan ditujukan kepada warga negara Indonesia dengan rentan usia 16-30 tahun. Kegiatan Pemuda Inspiratfi 2018 akan dikemas dengan kekinian, kreatif, patriotik, gembira, massal, kompetitif, dan tak terupakan.

“Pemuda Inspiratif 2018 dilaksanakaan dengan maksud untuk memberikan wahana kebhinekaan, persaudaraan, dan persatuan pada masyarakat. Kemudian, akan menjadikan pemuda sebagai motor pemersatu segala perbedaan di masyarakat,”pintanya.

Diharapkan, kreativitas pemuda akan menjadi penjaga kebhinekaan budaya bangsa serta pendukung bagi pembangunan nasional. Lebih spesifik keegiatan ini menyasar ke dalam 5 bidang, yaitu kemajuan bangsa, kecintaan NKRI, semangat patriotisme, persatuan pemuda, kebudayaan.

Selain kegiatan utama, panitia juga akan menggelar kegiatan hiburan lainnya, seperti lomba mewarnai bagi anak usia taman kanak-kanak pada hari Sabtu, yel-yel Pramuka, bazaar serta kegiatan lainnya.  Sementara pada hari Minggu akan digelar Jalan santai yang disediakan sejumlah hadiah menarik.

“Intinya, semua peserta tidak dipungut bayaran dan ada hadiah menarik yang disediakan panitia.  Kegiatan ini sendiri rencananya akan dibuka oleh Walikota Lhokseumawe,” tutup Akbar Halim. (rel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here