Ilustrasi Gempa Bumi (liputan6.com)

LayarBerita, Lombok –  Gempa dengan kekuatan 7 SR pada kedalaman 15 km dengan pusat gempa di darat 18 km barat laut Lombok Timur NTB qtau 22 km timur laut Lombok Utara NTB pada 5/8/2018 pukul 18.46 WIb. Gempa berpotensi tsunami, namun peringatan dini tsunami telah berakhir.

Menurut Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB,

tsunami memang terjadi di pantai, tetapi kecil hanya setinggi 9-13 cm. Tsunami tidak menimbulkan korban jiwa dan kerusakan bangunan.

Sejauh ini gempa susulan masih berlangsung. Sudah 21x gempa susulan dengan intensitas lebih kecil. Kondisi beberapa daerah baik korban jiwa dan kerusakan bangunan masih dalam pendataan.

Informasi sementara, di Kabupaten Sumbawa Barat, 1 unit rumah rusak berat, di Kabupaten Badung 1 unit rumah rusak sedang. Sementara di Kota Denpasar dikabarkan, gedung Matahari Dept. Store mengalami kerusakan dan terdata 3 lokasi mengalami rumah rusak (masih dalam pendataan).

Gempa yang terjadi dirasakan sangat kuat oleh masyarakat di Kabupaten Lombok Utara.  Sehingga masyarakat berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri masing-masing. Dampak gempa juga mengakibatkan listrik padam di beberapa daerah. Hal tersebut juga dirasakan oleh masyarakat di Kabupaten Lombok Timur.

BPBD saat ini sedang melakukan evakuasi, penyisiran dan pendataan bangunan serta korban jiwa yang terdampak. Saat kejadian terjadi kemacetan total di jalan raya dikarenakan kepanikan masyarakat terkait info Tsunami. (rel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here