BAGIKAN

LayarBerita, Lhokseumawe – BPJS Kesehatan Cabang Lhokseumawe dalam rangka menyambut sukses pagelaran akbar Asian Games XVIII dan HUT EMA BPJS Kesehatan ke-50, menggelar Senam Sehat Kolosal, di Stadion Tunas Bangsa, Desa Mon Geudong, Kota Lhokseumawe, Kamis (26/7/2018) pagi.

Acara tersebut diikuti hampir 1000 orang warga di wilayah Kota Lhokseumawe dan Kabupaten Aceh Utara.

Sejak pukul 07.00 WIB, warga telah hadir untuk mengikuti senam sehat, lomba senam Prolanis, serta pemeriksaan penunjang kesehatan penyakit kronis dan papsmear gratis, yang terdiri dari 330 peserta Prolanis dari 11 Klub Prolanis, 33 Satuan kerja Perangkat Daerah se-Kota Lhokseumawe, 55 Instansi/lembaga lainnya serta Fasilitas Kesehatan (Fasker) mitra BPJS Kesehatan Cabang Lhokseumawe di wilayah sekitar kota Lhokseumawe.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Lhokseumawe, Manna dalam sambutannya menyampaikan, Senam Sehat Kolosal ini juga merupakan salah satu bentuk pelaksanaan tugas pengupayaan promotif-preventif kesehatan yang diemban BPJS Kesehatan, tentunya disamping kuratif maupun rehabilitatif.

Kegiatan ini juga dilakukan sebagai wujud kepedulian kita untuk bersama sama menyambut dan memeriahkan pagelaran Asian Games XVII, tambahnya.

Selain itu juga dibuka posko donor darah untuk masyarakat yang bersedia mendonorkan darahnya.

Sesi foto bersama usai pembukaan acara Senam Sehat Kolosal oleh Walikota Lhokseuamwe yang diwakil Sekda Bukhari, A.KS, MM. (Ist)

Untuk diketahui, sampai dengan saat ini, seluruh Faskes primer baik swasta maupun Puskesmas sudah membentuk klub Prolanis yang masing-masing terdiri dari 30-50 orang yang rutin melakukan kegiatan senam, edukasi, serta pemeriksaan rutin tekanan dan gula darah.

“Senam Sehat Kolosal 18.818 ini dilaksanakan serentak di Seluruh Indonesia sebagai salah satu kemeriahan perayaan HUT Emas BPJS Kesehatan ke 50, angka 18.818 diadopsi dari tanggal pelaksanaan Asian Games XVIII yang akan dilaksanakan di Palembang pada 18 Agustus mendatang, rangkaian kegiatan ini juga bertujuan sebagai trigger bagi masyarakat untuk mendahulukan upaya preventif (pencegahan) dari pada kuratif (penyembuhan),” ujar Manna.

Sementara Walikota Lhokseumawe melalui Sekretaris Daerah Kota Lhokseumawe Bukhari, A.KS, MM, mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan positif yang harus terus ditingkatkan intensitasnya.

“Pemerintah Kota Lhokseumawe sangat mendukung kegiatan seperti ini, dan diharapkan kegiatan sejenis lainnya dapat di laksanakan di kemudian hari, baik oleh BPJS Kesehatan maupun oleh Instansi/badan/lembaga lain,” harap Sekda Bukhari sekaligus membuka dengan resmi acara Senam Sehat Kolosal. (BIM)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here