BAGIKAN

LayarBerita, Aceh Utara – Tingginya angka penderita penyakit kronis yang di derita masyarakat menjadi salah satu fokus penyelenggaraan penjaminan kesehatan peserta JKN saat ini. Oleh karena itu pengoptimalisasian Program Rujuk Balik terus dilakukan.

Pelayanan Program Rujuk Balik (PRB) dilaksanakan untuk memudahkan akses pelayanan kesehatan kepada peserta penderita penyakit kronis, khususnya penyakit diabetes melitus, hipertensi, jantung, asma, Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK), epilepsy, stroke, schizophrenia, Systemic Lupus Erythematosus (SLE) yang sudah terkontrol/stabil namun masih memerlukan pengobatan atau asuhan keperawatan dalam jangka panjang.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Lhokseumawe, Manna, meninjau langsung proses pelaksanaan Program Rujuk Balik (PRB) di Puskesmas Lhoksukon, Aceh Utara, Rabu (11/7/2018). (Ist)

Untuk itu, BPJS Kesehatan Cabang Lhokseumawe bekerjasama dengan Puskesmas Lhoksukon dan dr Suhaemi Sp. Pd, serta Apotek Pusaka Farma menggelar acara edukasi serta konsultasi bagi peserta JKN yang mengalami penyakit kronis stabil sehingga nantinya bisa menjadi peserta PRB yang diselenggarakan di Puskesmas Lhoksukon pada hari ini, Rabu (11/7/2018).

“Para pasien penyakit kronis yang datang hari ini, kita cek kesehatannya dengan dibantu oleh Puskesmas, kemudian mereka berkonsultasi dengan doker spesialis penyakit dalam untuk ditentukan obat-obat yang dapat mereka ambil langsung tanpa harus dirujuk ke rumah sakit“ jelas Manna, kepala BPJS Kesehatan Cabang Lhokseumawe ditemui di sela-sela kegiatan.

Dengan kehadiran dokter spesialis dan apotek, pasien penyakit kronis stabil dapat langsung membawa pulang obat rujuk balik yang direspkan dokter pada saat konsultasi.

“Nantinya pasien-pasien rujuk balik yang sudah mendapat resep dari dokter spesialis untuk mengobati penyakit kronisnya, dapat langsung mengambil obat yang sudah diresepkan ke apotek mitra BPJS Kesehatan”, tambah Manna.

Salah satu keunggulan program ini adalah memudahkan aksesibilitas masyarakat penyakit kronis yang pada umumnya memiliki kendala untuk mengunjungi rumah sakit, obat dapat langsung di ambil di apotek dengan membawa bukti resep dokter yang tertera dalam buku kepesertaan Program Rujuk Balik.

Saat ini ada lima Apotek pemberi pelayanan Program Rujuk Balik yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan Cabang Lhokseumawe, diantaranya Apotek Rembege di Takengon, Kimia Farma Bireuen, Kimia Farma Darsa dan Doua Husada Lhokseumawe, serta Apotek Pusaka Farma KabupatenAceh Utara.

Untuk diketahui, jumlah peserta PRB Cabang Lhokseumawe, yakin diabetes melitus 2.564 jiwa, hipertensi 1.224 jiwa, jantung 312 jiwa, asma 281, Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK) 26 jiwa, epilepsy 219 jiwa, stroke 33 jiwa, schizophrenia 9 jiwa. Sementara untuk Systemic Lupus Erythematosus (SLE) masih nihil. (BIM)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here