Polisi tangkap pejabat Lhokseumawe dengan dugaan melakukan ujaran kebencian melalui media sosial. (layarberita.com/rah)

LayarBerita, Lhokseumawe –  Pelaksana tugas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Kota Lhokseumawe berinisial Bk (48), ditangkap tim siber Polres Lhokseumawe, Selasa (15/5/2018). Penangkapan pejabat ini terkait dengan dugaan penyebaran ujaran kebencian yang dilakukannya.

Kapolres Lhokseumawe, AKBP Ari Lasta Irawan, dalam konferensi pekepada wartawan mengatakan, tersangka dinilai telah melakukan ujaran kebencian terhadap pemerintah dan kepolisian melalui media sosial facebook dengan menggunakan akun Bukhari Syamruh dan Bukhari Sr.

Menurut Kapolres, penangkapan tersangka dilakukan pihaknya dengan  memancing pejabat ini datang ke Polres Lhokseumawe.  Penyidik juga telah mengkonfirmasi kepada tersangka terkait status di akun tersebut.

Polisi tangkap pejabat Lhokseumawe dengan dugaan melakukan ujaran kebencian melalui media sosial. (layarberita.com/rah)

 

“Tersangka telah membuat ujaran kebencian yang dialamatkan kepada Pemerintah maupun Polri. Tersangka mengaku memang benar status di akun tersebut dirinya yang menulis. Tulisan status tersebut menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat ,” jelas Kapolres yang di dampingi Kabag Ops Kompol Ahzan dan Kasat Reskrim AKP Budi Nasuha Waruwu.

Tersangka akan dijerat dengan UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Sementara tersangka diketahui telah melakukan hal yang dinilai melanggar ini sejak Januari 2017 lalu.  Adapun barang bukti yang diamankan, beberapa print out hasil screen shoot dari akun tersebut

Terkait kasus ini, polisi akan berkoordinasi dengan ahli IT dan bahasa, serta akan memeriksa sejumlah saksi lain.  “Tersangka terancam hukuman 6 tahun penjara,” kata Kapolres.

Sementara itu, Plt Kepala DPMG dihadapan wartawan mengatakan kalau alasannya menulis status tersebut untuk perubahan dan kebaikan negara di masa mendatang.

“Tujuannya untuk kebaikan dan perbaikan serta ada perubahan ke depannya,”ujar Bk seraya menjelaskan kalau status terakhir  dia posting pada pagi hari tadi. [red]

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here