BAGIKAN
Ilustrasi

LayarBerita.com – Gempabumi  tektonik  mengguncang  beberapa provinsi di pulau Jawa, Jumat (15/12/2017).   Hasil analisis  BMKG  menunjukkan  bahwa  gempabumi  terjadi  pada  pukul  23.47.57 WIB, berkekuatan 6,9 SR dengan pusat gempa 11 km BaratDaya Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat pada kedalaman 107 km.

BMKG mengeluarkan peringatan dini tsunami untuk kawasan yang dilanda gempa, seperti, Provinsi Jawa Barat, Yogyakarta serta Jawa Tengah.

Menurut Sutopo Purwo Nugroho,Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, sejauh ini belum diketahui adanya korban jiwa.  Tetapi dikabarkan rumah ambruk di daerah Tasik Malaya Selatan, Kecamatan Cikalong dan Kecamatan Tibalong.

Gempa dirasakan kencang sekitar 5-10 detik di Provinsi Jawa Barat. Kondisi ini membuat masyarakat panik keluar rumah, namun belum ada laporan dampak dari gempa tersebut.

Sementara Provinsi DIY, gempa dirasakan kuat sekitar 20-30 detik.  Masyarakat panik namun tidak keluar rumah.  Sejauh ini juga belum ada laporan terkait dampak gempa tersebut.  Sedangkan di Kabupaten Bantul, gempa dirasakan kencang sekitar 5 -30 detik.

“Gempa cukup kuat kami rasakan, seperti kita berada di atas kapal laut,”ujar Mono salah seorang warga DIY.

Informasi dari Provinsi Jawa Tengah, gempa dirasakan sedang selama 10 detik, masyarakat panik dan keluar rumah.  Sejauh ini BPBD provinsi masih berkoordinasi dengan BPBD kabupaten/kota wilayah masing-masing.  Pemantauan masih terus dilakukan yang petugas. [red]

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here