BAGIKAN
Hasnawi Ilyas ketua Presidium Forum Aneuk Nanggroe Aceh Peduli Damai Sejahtera (FANAPDS.

#Desak Pergubkan ‘Alam Peudeung’ Sebagai Bendera Aceh

LayarBerita, Lhokseumawe – Mantan kombatan GAM Wilayah Bate Iliek yang bergabung ke Wilayah Linge Daerah III, Hasnawi Ilyas, mengajak seluruh kombatan GAM ban sigom Aceh untuk bersatu kembali. Yakni untuk mendukung program drh Irwandi Yusuf untuk membangun Aceh.  Selain itu ketua Presidium Forum Aneuk Nanggroe Aceh Peduli Damai Sejahtera (FANAPDS) ini, meminta agar Bendera Alam Peudeung disetujui menjadi Bendera Aceh.

“Mari sama-sama kita (kombatan GAM), mengawal semua keinginan Irwandi-Nova, untuk mensejahterakan rakyat Aceh dan program-program kita kombatan GAM. Termasuk perhatian terhadap anak yatim, pasukan inong bale, beserta rakyat Aceh. Kepada semua anggota DPRA, DPRK maupun dari partai PNA, Partai Aceh (PA).  Termasuk partai nasional dan Partai Lokal lainnya yang ada di Provinsi Aceh juga harus bersatu mendukung program gubernur terpilih,”ucap Hasnawi Ilyas alias Awie Juli.

Mari bersama merestui untuk mempergubkan bendera Alam Peudeung, sebagai Bendera Aceh. Sebab menurutnya, bendera tersebut usianya lebih tua dari pada bendara Bulan Bintang.

Bendera Alam Peudeung adalah bendera kerajaan Turki yang “di pejaroe” bak jaroe Sultan Iskandar Muda saat menjadi raja Aceh. Saat itu Sultan Iskandar Muda bekerja sama dalam perdagangan dengan Raja Turki, sebelum serdadu Belanda mendatangi kerajaan Aceh.

“Aceh masih dalam wilayah NKRI, belum bisa kita kibarkan Bendera Bulan Bintang.  Sebab jelas bertentangan dengan MoU Helsinki, yakni antara RI – GAM,  yang ditanda tangani oleh Malik Mahmud di pihak GAM. Maka mari kita minta pada Irwandi Yusuf Gubernur Aceh, segera membuat Pergub terkait Bendera Alam Peudeung,”terangnya.

Terkait bendera bulan bintang, Awie meminta agar disimpan dengan baik di dalam lemari masing-masing. Mengingat Bendera Bulan Bintang, merupakan bendera perjuangan GAM yang diproklamirkan oleh Paduka Wali Nanggroe, Tgk Hasan Tiro dan bersama Rrakyat Aceh dan GAM, untuk bendera Negara Aceh.

“Tetapi saat ini, Aceh belum mendirikan negaranya.  Aceh masih di dalam bingkai NKRI.  Jadi mari kita kibarkan Bendera Merah Putih beserta Bendera Alam Peudeung.  Agar Aceh terkesan seperti Kerajaan Aceh. Kruuu seumangat semoga kejayaan dan marwah Aceh seperti masa Sultan Iskandar Muda dapat kembali,”harapnya. [red]

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here