BERBAGI
Bupati Aceh Utara H Muhammad Thaib menyerahkan ambulan kepada 4 puskesmas yang ada di Aceh Utara. (layarberita.com}

LayarBerita, Aceh Utara – Sebanyak empat Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di pedalaman Kabupaten Aceh Utara, yakni Puskesmas Sawang, Nisam Antara, Geureudong Pase dan Langkahan mendapat bantuan mobil ambulans jenis mitsubishi minibus double gardan.

Keempat mobil ambulans tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Aceh Utara H Muhammad Thaib kepada kepala Puskesmas, di halaman Pendopo Bupati, Jumat (10/11/2017) pagi.

Dalam arahannya, Bupati H Muhammad Thaib mengharapkan agar ambulans tersebut benar-benar dimanfaatkan untuk kebutuhan Puskesmas dalam melayani masyarakat yang sakit.

Untuk jenis sakit yang bagaimana bisa pakai ambulans untuk dirujuk ke rumah sakit, silahkan kepala Puskesmas mempelajari kembali aturan-aturan yang ada. Jangan sampai sakit bisul juga minta pakai ambulans, sebut Cek Mad sapaan bupati.

Empat Unit ambulan dari dana DAK diserahkan kepada 4 puskesmas di Kabupaten Aceh Utara.

Ambulans double garden itu khusus ditempatkan untuk Puskesmas-puskesmas kawasan pedalaman, dimana kondisi geografis dan prasarana transportasi pada titik-titik tertentu lebih nyaman memakai mobil double garden.

“Jangan ada lagi alasan mobil ambulans tidak mampu menerobos jalan ke desa-desa pedalaman, karena Puskesmas sudah memiliki ambulans double garden,” tegasnya.

Dijelaskannya, penanggungjawab pengelolaan mobil ambulans tersebut adalah Kepala Puskesmas setempat, dan tidak boleh dipinjam-pakaikan kepada siapapun untuk tujuan di luar medis.

“Saya tidak mau lihat mobil ambulans digunakan untuk keperluan pribadi, apalagi untuk jalan-jalan keluarga,” tegasnya lagi.

Lebih lanjut Cek Mad mengucapkan terimakasih atas kinerja paramedis Puskesmas selama ini, meskipun pihaknya belum mampu meningkatkan tunjangan kinerja mereka.Pihaknya juga minta maaf karena masih ada beberapa Puskesmas yang dikepalai oleh dokter, padahal seharusnya dokter ditempatkan pada lini pelayanan, bukan pada jabatan struktural.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Utara dr Makhrozal, M.Kes mengatakan, keempat ambulans tersebut dibeli dengan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat tahun 2016, dan akan ditempatkan di kawasan pedalaman yang juga difungsikan sebagai Puskesmas Keliling (Pusling).

Saat ini, sebut Makhrozal, jumlah ambulans di seluruh Puskesmas ada sebanyak 65 unit, dengan kondisi sebanyak 11 unit diantaranya rusak berat, dan 16 unit rusak ringan. “Jadi ada 38 unit ambulans yang layak pakai dan siap setiap saat untuk melayani pasien,” ungkpanya. [bim]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here