BERBAGI
Ilustrasi

LayarBerita.com – Asma merupakan suatu kondisi medis yang sering terjadi pada si Kecil. Kondisi ini perlu dipahami lebih jauh agar gejalanya bisa dikendalikan, sehingga nantinya tidak memengaruhi kualitas hidup orang yang mengalaminya.

Asma adalah salah satu tipe alergi yang menyerang saluran pernapasan. Saat kambuh, kondisi ini membuat lapisan dalam saluran pernapasan meradang dan membengkak sehingga penderitanya akan merasa sesak.

Hampir 45% penderita asma adalah anak-anak. Penyebab tersering asma pada si Kecil adalah alergen atau unsur pencetus alergi. Beberapa alergen yang sering memicu serangan asma pada si Kecil, yakni spora jamur, serbuk sari, debu tungau, dan bulu binatang.

Selain alergen, asma juga dapat disebabkan oleh paparan asap rokok dan polusi udara, perubahan cuaca yang ekstrem, aktivitas fisik, dan infeksi saluran pernapasan.

Gejala Asma pada si Kecil

Gejala asma pada si Kecil biasanya dapat ditemukan mulai dari usia balita. Gejala yang dapat timbul pun sangat bervariasi, mulai dari yang ringan –seperti batuk yang tak kunjung sembuh, hingga kondisi sesak yang mengkhawatirkan.

Namun gejala asma pada si Kecil yang paling sering ditemui adalah batuk di malam hari, bunyi “ngik” seperti suara siulan atau mengi saat bernapas, kesulitan bernapas sehingga kulit sekitar rongga dada terlihat tertarik ke dalam, dan si Kecil sering demam.

Mencegah Asma Datang Kembali

Karena asma kerap disebabkan oleh alergen, maka penting bagi si Kecil untuk tidak terpapar unsur yang dapat memicu serangan. Di samping itu, saat Bunda tahu bahwa si Kecil adalah seorang penderita asma, pastikan Bunda segera mengunjungi dokter agar diberikan obat-obatan pertolongan pertama.

Dalam menangani si Kecil dengan asma, dokter biasanya akan memberikan dua jenis obat: obat yang diberikan saat serangan asma terjadi, dan obat jangka panjang untuk mengontrol kondisi.

Asma adalah kondisi berbahaya. Jangan biarkan kondisi ini menganggu pertumbuhan dan perkembangan si Kecil. [Klikdokter.com]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here