BAGIKAN

LayarBerita.com – Kebanyakan orang lebih memilih teh celup ketimbang teh tubruk. Cara penyajiannya memang lebih praktis karena tak membutuhkan waktu lama. Akan tetapi, kini penggunaan kantong teh celup tidak dianjurkan karena dapat membahayakan kesehatan tubuh.

Sebuah penelitian di Inggris yang melibatkan 38 merek teh ternama yang berbeda menemukan, kantong teh yang digunakan produsen dinilai tidak aman. Kertas yang dipilih sebagai kantong teh ini rata-rata terbuat dari bubur kertas yang diolah dari kayu. Lalu terkadang ditambahkan bahan kimia pemutih yang terbuat dari senyawa klorin yang cukup pekat.

Padahal klorin dapat membahayakan kesehatan apabila dicelupkan terlalu lama atau lebih dari 5 menit. Kemandulan pada pria, kecacatan pada bayi baru lahir, keterbelakangan mental, permasalahan di tulang dan gigi, bahkan pemicu kanker dapat disebabkan oleh klorin yang berlebihan ini.

Jumlah berapa kali penyeduhan dan air panas yang digunakan juga harus disesuaikan suhunya. Hal ini penting agar kantong teh tidak semakin membahayakan tubuh.

Di samping itu, dari segi lingkungan, kantong teh celup ini juga termasuk ke dalam limbah sampah yang sulit untuk diurai. Namun, selama cara penggunaannya sesuai dengan aturan dan takaran yang berlaku, tentunya tidak akan membahayakan kesehatan Anda. [Klikdokter.com]

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here