BERBAGI
Ilustrasi. (Pixabay.com)

LayarBerita.com – Banyak hal dalam hidup yang mau tidak mau harus Anda lewati, salah satunya adalah tumbuhnya uban atau rambut putih. Uban biasanya muncul pada orang-orang yang berusia 40, akan tetapi bagaimana jika uban sudah muncul pada mereka yang baru berusia 20 an?

Menurut David Bank, MD, dari Center for Dermatology, Cosmetic and Laser Surgery, uban muncul pada usia muda bisa disebabkan karena adanya faktor genetik.

“Munculnya uban secara prematur sebagian besar ditentukan karena genetik,” kata Bank. Jika Anda melihat sebagian besar anggota keluarga mengalami rambut beruban, maka hal ini juga akan terjadi pada rambut Anda.

Selain genetik, berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan uban di kepala muncul lebih cepat dari waktu yang seharusnya.

1. Tingkat stres yang tinggi

Sebuah studi di New York University pada tahun 2013 yang diterbitkan di Nature Medicine menyatakan bahwa stres ternyata menyebabkan penipisan sel induk dari dasar folikel rambut. Hanya saja penelitian ini baru dilakukan pada tikus.

Meski belum banyak penelitian yang meneliti kaitan antara stres dengan munculnya uban,  Anda dapat melihat contoh kasus rambut beruban pada kondisi rambut presiden sebelum dan setelah menjabat.

2. Penyakit tertentu

Meski jarang terjadi, pada beberapa kasus uban bisa dipicu dari masalah kesehatan, seperti penyakit tiroid autoimun yang menyerang kulit dan rambut seperti alopecia atau vitiligo. Jika sel-sel rambut tubuh Anda terganggu, maka uban pasti akan berkembang di kepala Anda.

Terdapat sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa kerusakan DNA dan penumpukan hidrogen peroksida dalam folikel rambut menjadi penyebab terganggunya produksi melanin. Tanpa melanin, rambut baru yang tumbuh tidak memiliki pigmen dan rambut menjadi tampak abu-abu, putih, atau perak.

3. Kekurangan vitamin

Faktor lain yang menyebabkan rambut Anda beruban adalah kekurangan vitamin B12. Penyerapan vitamin yang tidak berjalan sempurna ini bisa disebabkan karena anemia pernisiosa, yaitu penurunan sel darah merah yang menyebabkan usus tidak dapat menyerap nutrisi dari makanan. Menurut dokter Astrid Wulan Kusumoastuti, vitamin B12 dapat didapatkan dari beberapa produk hewani seperti telur, daging, hati, dll.

4. Rokok

Merokok adalah hal terburuk yang dapat merusak kulit dan rambut Anda. Penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara merokok dan munculnya uban pada rambut Anda.

Kandungan nikotin dan bahan kimia lain pada rokok masuk ke pembuluh arteri dan menyumbat aliran oksigen serta nutrisi penting ke seluruh tubuh. Oleh karena itu, kulit jadi tidak ternutrisi dengan baik.

Saat ini semakin banyak anak muda yang rambutnya tumbuh uban lebih cepat. Meskipun begitu, hingga saat ini uban belum dapat dihilangkan secara permanen apabila timbulnya disebabkan oleh faktor keturunan. Oleh sebab itu, mulai saat ini sebaiknya Anda menghindari faktor-faktor penyebab uban yang sudah dijelaskan di atas agar uban tidak muncul terlalu dini. [Klikdokter.com]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here