BAGIKAN
Ilustrasi

LayarBerita.com – Apakah Anda sedang mengalami luka atau cedera saat ini? Dan apakah Anda merasa bahwa luka Anda tidak sembuh-sembuh? Proses penyembuhan cedera atau luka tidak bisa diremehkan. Mungkin pada awalnya Anda berpikir bahwa luka atau cedera Anda akan pulih dan sembuh dengan sendirinya. Tetapi sebenarnya banyak hal yang dapat mempengaruhi proses penyembuhan luka tersebut, terutama mempengaruhi cepat atau tidaknya waktu penyembuhan.

Lalu apa saja yang membuat cedera Anda tidak sembuh-sembuh dalam waktu yang lama? Berikut adalah alasannya.

1. Ada infeksi

Jika luka dan cedera mengalami infeksi, maka proses penyembuhannya akan memakan waktu yang lama. Infeksi terjadi akibat adanya bakteri dan virus yang tumbuh di sekitar luka. Hal ini biasanya menyebabkan luka mengeluarkan cairan atau menjadi basah. Demam juga termasuk dari gejala infeksi yang sering timbul. Biasanya jika infeksi tidak terlalu parah maka dokter akan memberikan resep obat antibiotik untuk Anda. Tetapi jika luka infeksi cukup parah, bukan tidak mungkin akan dilakukan operasi untuk menghilangkan bagian yang terkena infeksi.

2. Makan terlalu sedikit

Apabila Anda makan terlalu sedikit? Makan yang tidak sesuai dengan kebutuhan akan membuat proses penyembuhan memakan waktu yang lama. Bahkan pada orang yang mengalami luka dan cedera yang serius, kebutuhan energinya dalam sehari bisa bertambah sekitar 15-50% dari kebutuhan normalnya. Dalam hal ini, makanan diubah menjadi energi di dalam tubuh kemudian menjadi sumber energi utama untuk memperbaiki jaringan, menutup luka, dan menyembuhkan luka. Sehingga, jika Anda tidak makan yang cukup, bahan bakar untuk menyembuhkan luka tidak tersedia dan membuat luka menjadi lama sembuh.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here