(jalantikus.com)

LayarBerita.com – Bicara soal smartphone, tak peduli seberapa canggih mereka. Smartphone tetaplah barang elektronik, yang rentan rusak. Bahkan jika kamu membeli produk yang paling mahal dan canggih saat ini, seperti Samsung Galaxy S7, Apple iPhone 6s, LG G5, dan smartphone flagship lainnya. Jatuhkan dengan sengaja dari saku dan mungkin kamu harus membeli smartphone baru lagi. Bahkan jika kamu menggunakan dengan sangat hati-hati, masih ada kemungkinan bagian tertentu yang tiba-tiba rusak.

Dikutip dari DroidViews.com, salah satu masalah yang paling umum yang dihadapi oleh pengguna smartphone adalah tombol hardware yang tidak berfungsi. Contohnya di sini adalah tombol kontrol volume yang tiba-tiba tidak bisa digunakan. Jangan berkecil hati dulu, berikut JalanTikus kasih cara agar kamu tetap bisa dapat mengatur Volume suara meski tanpa menekan tombol hardware.

Cara Mengatur Suara di Android Jika Tombol Volume Rusak:

1. Install Aplikasi Volume ChopCUT

Tentunya cukup merepotkan jika tombol hardware volume tidak dapat bekerja, solusinya kamu bisa menggunakan aplikasi yang disebut Volume ChopCUT. Aplikasi ini memungkinkan kamu mengontrol tingkat suara melalui bar notifikasi. Terdapat 4 fitur utama, berikut JalanTikus jabarkan satu persatu.

Download Volume ChopCUT.

2. Basic Notification

Basic Notification ini merupakan pilihan yang sangat ringan dengan tampilan di jendela notifikasi yang sangat sederhana. Kamu bisa mengatur volume media, nada dering, alarm, panggilan telepon, atau beberapa fungsi sekaligus yang disediakan oleh aplikasi. Misalnya nada dering, alarm, dan media dalam satu tampilan.

3. Extended Notification

Extended Notification ini punya tampilan yang lebih menarik dan interaktif. Cukup tarik bar notifikasi dan kamu langsung bisa mengatur volume suara langsung tanpa butuh langkah tambahan. Karena terdapat tampilan tombol atas dan bawah untuk mengontrol volume.

4. Floating Widget

Seperti namanya, Floating Widget menambahkan widget yang mengapung di layar dan dapat diseret di mana saja. Widget ini akan tetap muncul meskipun kamu membuka aplikasi lain sehingga akan berada selalu di atas setiap aplikasi. Kamu bisa memilih sejumlah ikon, ukuran ikon, dan transparansi yang juga dapat disesuaikan. Ketika menekan pada widget akan muncul akses untuk kontrol volume media, alarm, nada dering, dan panggilan telepon.

5. Floating Equalizer

Floating Equalizer ini bisa dibilang fitur eksperimental, yang memberikan kamu akses ke equalizer melalui ikon widget yang selalu mengapung di layar. Kamu bisa seret kemana aja dan ketika kamu sentuh maka akan muncul sederet list pengaturan equalizer.

Selain semua pilihan di atas, kamu juga bisa mengintegrasikan VolumeChopCUT dengan Google Now dan kamu akan dapat mengontrol volume melalui perintah suara. Untuk melakukannya kamu harus memberikan akses ke pengaturan aksesibilitas. Jadi kamu enggak perlu beli smartphone baru cuma karena tombol hardware volume rusak. Jika kamu ada tambahan tips atau trik lain, beritahu kami lewat kolom komentar di bawah ini ya. [Jalantikus.com]

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar Anda !
Masukkan Nama Anda