BAGIKAN
Harga pinang kini mulai membaik dibanding sebelumnya. Kondisi ini membuat petani mulai bergairah. (layarberita.com/fazir)

 

LayarBerita, Aceh Utara –  Petani pinang di Kabupaten Aceh Utara kini tambah mulai bergairah kembali.  Pasalnya harga pinang melonjak tinggi dari sebelumnya.  Kondisi ini tentu membuat perekonomian keluarga para petani yang menggangtungkan hidup dari pinang akan membaik.

Informasinya, harga biji pinang kering kini mencapai 20 ribu per kilogram, sedangkan buah yang masih masak mencapai 9 ribu per kilogram.  Kenaikan harga buah tersebut membuat sebagian petani di daerah Aceh utara, Provinsi Aceh, merasa sangat senang dan semakin rajin berkebun.

Berbeda dengan harga karet dan kelapa sawit yang semakin melemah, saat ini banyak petani kecil yang berpindah profesi dan lebih fokus memanen pinang untuk memenuhi keperluan sehari-hari.

Salah satu daerah penghasil pinang terbanyak dan dikenal sebagai sentra petani pinang adalah Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Utara. Mayoritas masyarakat petani mempunyai kebun pinang, sedangkan tanaman lainnya disisipi dengan tanaman durian dan coklat.

Menurut seorang petani pinang yang puluhan tahun mengais rezeki dengan hasil kebun pinang, Tgk Ramli.  Dirinya sejak dahulu menggantungkan hidupnya dan manafkahi keluarga dari hasil pinang. Meski harga murah, berkebun pinang lebih mudah dari komoditas lainnya.

“Untuk mengolah buah pinang ini memang tidak sulit, hanya mengaitnya dari pohon yang tinggi, setelah itu dijemur dan dua hari saja pinang ini sudah bisa dipisahkan dari kulitnya,” kata warga Gampong Gunci disela-sela dirinya bekerja, Kamis (28/4/2016).  Ia mengatakan, melonjaknya harga pinang saat ini sudah dua kali dirasakannya.

“Jelas kita merasa sangat senang, kalau dulu harga pinang paling tinggi Rp7 ribu hingga Rp11 ribu per kilonya, dan ini sebandinglah dengan naiknya harga pokok saat ini,” ujarnya.

Sementara itu, petani lainnya juga turut gembira atas kenaikan harga pinang tersebut. Warga Desa Gunci, Riseh dan lainnya Arajab menyatakan sukacitanya atas melonjaknya harga pinang dipasaran.

“Alhamdulillah, kenaikan harga pinang membantu perekonomian masyarakat kecil seperti kami.   Kini kami sekeluarga fokus memanen dan mengolah pinang saja. Pinang yang sudah masak dan jatuh dari pohon juga kami kumpulkan untuk dijadikan pinang koting namanya, setelah kering bersama kulitnya baru dibelah,” ujarnya.  (Azir)

6 KOMENTAR

  1. Bibit pinang tersebut bisa diuraikan keterangannya, mana tau ada sebagian petani berminat. Jika bibit tersebut unggul, pasang aja iklannya bos, nanti akan banyak peminatnya heheheheee

  2. Kreteria Bibit Pinang Unggul, Pinang Betara

    Bibit Pinang kami berasal dari Indukan yang sudah tua lebih dari 15 tahun rata-rata berumur 25tahun lebih.
    Berbuah Lebat dan relatif stabil sepanjang tahun
    Pinang Berbuah Lebat dan Stabil antara 200-300 Biji Pertandan

    Pohon pinang sehat bebas penyakit dan tumbuh subur.
    Buah pinang yang dijadikan bibit berasal dari buah yang terseleksi dan benar-benar matang

    berminat bibit siap tanam dan kecambah hub 0812 7004 1707 pembibitan kami di JAMBI

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here