BERBAGI
Persiapan tari ratoh jaroe massal pada Hut TMII mendatang.

LayarBerita, Bireuen – Tarian Ratoh Jaroe yang akrab kita dengar, merupakan suatu tarian yang khas berasal dari tanah rencong Aceh. Sepintas tarian ini hampir mirip dengan tari Saman, namun berbeda dengan Saman yang banyak menggunakan gerak pada badan.

Ratoh Jaroe adalah perpaduan gerakan tangan dan badan. Formasi, kekompakan dan alunan musik rapa’i menjadi ciri khas tarian ini.

Untuk menyambut Hari Ulang Tahun Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang ke 41, Pemerintah Aceh akan mementaskan Tari Ratoh Jaroe. Tarian Ratoh Jaroe akan dipentaskan oleh 6.600 penari dan siap memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI), yang rencananya akan dihadiri langsung oleh Bapak Gubernur Aceh H Zaini Abdullah (Abu Doto).

Sementara itu Yusri Saleh yang sering disapa Dek Gam “King Of Ratoh Jaroe” yang merupakan pelopor tarian Ratoh Jaroe di Jakarta kepada Layarberita.com melalui telepon selulernya mengungkapkan kegembiraannya, terkait akan ditampilkannya Tarian Ratoeh Jaroe massal ini, yang nantinya akan memecahkan rekor MURI, dengan melibatkan 6.600 peserta.

“Tarian Ratoh Jaroe ini masih kami budayakan di Jakata.  Karena tarian ini lebih popular di luar Aceh, khususnya di Jabodetabek. Bila ada acara-acara lomba dan event perpisahan sekolah, khususnya Jakarta, tarian ini banyak ditampilkan. Semoga usaha kami dalam menjaga khazanah Budaya Aceh ini dapat diikuti oleh tidak hanya masyarakat Jakarta.  Tetapi lebih dari itu, agar anak-anak Aceh lebih mencintai dan peduli terhadap khazanah Budaya Aceh,” ungkap Dek Gam dalam bahasa Aceh yang khas dan kental.

Hal senada juga disampaikan Fadhil Agam Metuah, S.Farm, putra Aceh Pidie yang mewakili para pelatih Tarian Ratoh Jaroe, dirinya menyambut gembira atas respon positif pemerintah untuk mengadakan tarian Ratoh Jaroe massal yang konon akan memecahkan rekor MURI.  Dirinya berharap agar acara pentas seni budaya Aceh tersebut, bisa dijaga dan dipelihara bersama.

Diakhir percakapan, Dek Gam juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam persiapan acara Tarian Ratoh Jaroe.

“Terima kasih kepada Kepala Kantor Penghubung Pemerintah Aceh – Jakarta Bapak Ir. Muhammad Badri Ismail, yang selama ini telah mensupport dan mendukung kegiatan kami, demi terlaksananya Tarian Ratoh Jaroe ini.  Tak lupa pula terima kasih kami, kepada Pemerintah Aceh yang sudah mendukung dalam melestarikan Tarian Ratoh Jaroe. Dan kami berharap kepada seluruh masyarakat Indonesia, masyarakat Aceh khususnya untuk dapat hadir pada acara penampilan puncak pada 24 April 2016 nanti,”ucapnya.  (akiel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here