Mendagri Tjahjo Kumolo (kemendagri)

LayarBerita, Jakarta  – Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo memberikan sejumlah solusi kepada pemerintah daerah (Pemda) terkait sejumlah persoalan saat ini. Salah satunya masalah anggaran dan hutang ke Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

“Saya sudah bicara kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Jusuf Kalla (JK). Nantinya hutang kabupaten/kota akan ditalangi pemerintah pusat,” kata Tjahjo dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kalimantan, belum lama ini.

Menurut dia, sebanyak 91 persen daerah memiliki hutang kepada PDAM sampai triliunan rupiah. Hal tersebut tentu menghambat pelayanan ke publik, khususnya terkait penyediaan layanan air bersih. Selain itu, ke depan akan ada dana taktis untuk bupati/walikota.

“Mereka akan memperoleh dana Rp 100 miliar. Namun belum untuk gubernur,” ujar Tjahjo.

Dia juga meminta agar kepala daerah bisa menentukan skala prioritas dalam membagikan anggaran ke Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Menurut dia, jangan nantinya APBD dibagi-bagikan sama kepada semua SKPD. “Fokus saja pada SKPD prioritas,” kata dia.

Kepala Bappenas, Sofyan Djalil menambahkan, daerah memang harus memiliki program prioritas. Jangan semua masuk sebagai usulan, karena anggaran dari pusat terbatas sehingga perlu menu usulan. “Saat ini usulan dari daerah terlalu banyak, dan tak ada prioritas,” ujar dia. [] sumber : kemendagri.go.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here