Ilustrasi tarian tradisional Aceh (layarberita.com)

LayarBerita, Aceh Utara–  Duta kesenian Aceh Utara, Sabtu (9/1/2016) di Hotel Lido Graha, akan memilih ketua/Pengurus baru DKA untuk 5 tahun kedepan. Peserta Musda dari 27 Kecamatan dibuka Bupati Aceh Utara H. Muhammad Thaib, yang diwakili Asisten Ekonomi dan Pembangunan H. Abdul Azis, SH. M.Hum.

Bupati mengharapkan Musda DKA dapat memberikan kontribusi positif dalam pembangunan dan pengembangan kesenian. Melalui kesenian dapat memberikan juga pesan pesan yang islami, karena selama ini belum ada komplain dari masyarakat.  Bahkan sebaliknya mendapat sambutan yang luar biasa, kata Cek Mad yang dibacakan asisten ekonomi.

“Pembangunan di bidang kesenian lokal perlu kita tumbuh kembangkan. Terutama dikalangan generasi muda. Karena generasi muda harus dibentengi dari pengaruh zaman. Serta membentuk karakter SDM yang handal dalam ber-aqidah dan beramal,”ungkap Abdul Azis membaca sambutan Bupati Aceh Utara.

Melalui dinas terkait, Pemkab Aceh Utara akan terus memberikan perhatian yang serius terhadap kegiatan untuk mengaktualisasi dan apresiasi seni dan budaya lokal.

Pemkab Aceh Utara mengakui fenomena saat ini, minat masyarakat sudah agak memudar terhadap gelar seni tradisional yang islami seperti dalail khairat, meurukon, berjanji, meudikee dan lainnya.

“Maka dengan Musda lV hari ini, mari mengkaji lebih dalam lagi untuk pengembangan kesenian.  Apalagi Aceh Utara, jika ada event-event bergengsi,  seperti PKA, pernah mendapat peringkat satu.  Begitu juga pada PKA VI tahun 2013, Aceh Utara mendapat Peringkat II,”jelas asisten II.

Disisi lain, bupati menegaskan, di samping bermusyawarah untuk memilih pengurus baru, juga sebagai ajang silaturrahmi dalam memberdayakan insan seni. Pilihlah sosok yang mumpuni dan kredibel serta peduli terhadap pembangunan dan pengembangan kesenian di Aceh Utara. Karena tugas-tugas yang akan dipikul ke depan lebih berat dan perlu sosok yang tangguh.

Cek Mad berpesan, melalui  Kabag Humas, Amir Hamzah, dengan diharapkan kesenian dapat menyebarkan informasi dalam berbagai sektor pembangunan di seluruh pelosok Aceh Utara. (rel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar Anda !
Masukkan Nama Anda