Kabupaten Siak - 1 minggu lalu

Kampung Buantan Lestari Salurkan BLT Dana Desa Kepada 70 KK Terdampak Covid -19

[Infotorial Pemkab Siak]

LayarBerita, Siak – Pemerintah Kampung Buantan Lestari menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa kepada masyarakat penerima manfaat yang terdampak Covid-19.  Penyaluran dilaksanakan pada Rabu (20/5/2020) di Aula Kantor Badan Permusyawaratan Kampung tersebut.

Penyerahan Bantuan Langsung Tunai yang diberikan tersebut merupakan tahap awal, yang jumlah penerima sebanyak 70 Kepala Keluarga yang terdampak Covid -19. Sebelum disalurkan, nama penerima bantuan sudah diputuskan melalui  musyawarah secara khusus atau musyawarah kampung khusus (Muskamsus) dan disalurkan pada 3 dusun diantaranya di Kampung Buantan Lestari, yakni dusun 1, 2 dan 3.

Penyerahan BLT – DD ini dilakukan secara langsung oleh Penghulu Kampung Buantan Lestari Sarno.  Penyerahan bantuan didampingi Camat Bungaraya Amin soimin, SH, M.Si, Babinsa Serma Safri Teguh, Bhabinkamtibmas Bripka Rasidi, pendamping desa dan unsur pemerintah kampung lainnya.

Dalam penjelasannya, Penghulu Kampung Buantan Lestari Sarno mengatakan, dampak dari wabah virus Corona (covid-19) saat ini, mempengaruhi semua sisi kehidupan masyarakat. Terutama sisi perekonomian masyarakat banyak yang terpuruk karena kehilangan mata pencaharian.

Sehingga Pemerintah Kampung Buantan Lestari juga menyalurkan bantuan melalui anggaran dana desa untuk program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) sesuai aturan pemerintah pusat. Untuk tahap awal akan disalurkan kepada 70 Kepala keluarga. Setiap kepala keluarga penerima bantuan akan menerima uang tunai sebesar Rp 600 ribu.

Lanjut Sarno, bagi masyarakat penerima manfaat Bantuan Langsung Tunai Dana Desa yang bersumber dari APBN, Penghulu Kampung Buantan Lestari menjelaskan kepada masyarakat, bahwasanya bantuan tersebut tidak dipotong sedikit pun. Serta diharapkan agar bantuan yang diterima dapat dipergunakan secara baik untuk kebutuhan keluarga oleh penerima.

Sambung penghulu, terkait pembagian sejumlah bantuan sosial dari Pemerintah Kabupaten Siak, diakuinya kalau telah disalurkan oleh pihak pemerintah kampung kepada masyarakat yang terdampak covid 19.  Sejauh ini proses penyaluran yang dilakukan berjalan lancar dan aman.

“Syukur Alhamdulillah, sejauh ini untuk Kampung Buantan Lestari proses penyaluran berjalan lancar dan aman.  Untuk itu kita mohon dan berharap dukungan dari semua masyarakat agar tidak ada persoalan apa pun dalam penyaluran bantuan ini. Jika ada pertanyaan dari warga terkait bantuan yang mereka terima, akan kita terangkan secara jelas dengan data dari penerima bantuan,” papar Penghulu Kampung Buantan Lestari. [rel/Abb]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *