Aceh - Regional - 2 minggu lalu

Brimob Kolaborasi Jurnalis Bantu Kekurangan Stok Darah

LayarBerita, Lhokseumawe – Meski di tengah pandemi Covid-19 dan juga bertepatan dengan bulan suci Ramadhan, niat untuk membantu sesama tak pernah lekang.  Sejumlah personel Brigade Mobil Kompi 1 Batalyon B Pelopor Satuan Brimob Polda Aceh melakukan bhakti sosial donor darah yang berkolaborasi dengan jurnalis di Posko Liputan Covid-19, QBo Coffee Lhokseumawe.

Aksi donor darah dilakukan Rabu malam (20/5/2020) pukul 22.00 Wib usai Salat Tarawih yang dilakukan Unit Donor Darah (UDD) PMI Aceh Utara.  Terlihat sejumlah personel Brimob menggunakan seragam telah hadir tepat waktu untuk ikut menyumbangkan darah.  Hal ini dilakukan tidak lain untuk membantu stok darah yang selama ini kerap krisis.

“Malam ini kami menurunkan sejumlah personel dan bergandengan dengan para jurnalis untuk menyumbangkan darah membantu masyarakat yang membutuhkan.  Apalagi ini bulan Ramadhan dan di tengah wabah Covid-19, pastinya sangat sulit untuk mengumpulkan darah dari masyarakat.  Mengingat inilah kami akan selalu siap membantu apa yang menjadi kebutuhan masyarakat,” ujar Komandan Batalyon (Danyon) B Pelopor AKBP Ahmad Yani melalui Danki 1 Batalyon B Iptu M Nafis Luthfy SH.

Sementara itu, salah seorang jurnalis di Kota Lhokseumawe, Fazir Ramli mengatakan, bahwa donor darah juga aksi beramal. Jadi, mengingat saat ini stok darah sudah berkurang selama bulan Ramadhan apalagi kita semua sedang dilanda bencana wabah Corona, maka dirinya ikut berdonor guna membantu warga membutuhkan darah.

“Jika bukan kita, siapa lagi yang akan membantu sesama manusia ini,” ujar Fazir.

Pantauan di lapangan, pihak UDD PMI Aceh Utara menurunkan satu unit mobil donor darah serta sejumlah tenaga medis untuk aksi donor tersebut.  aksi donor yang dilakukan kali ini terlihat mendapat sambutan baik dari sejumlah pelanggan di QBo Coffee.  Bahkan banyak pelanggan yang akhirnya ikut menyumbangkan darah.

Petugas UDD juga melakukan protokol kesehatan dalam melayani para pendonor.  Seperti melihat riwayat calon pendonor, memeriksa suhu tubuh dan juga menggunakan APD saat melakukan pengambilan darah.

Menurut Humas UDD PMI Aceh Utara, Fauzi Abubakar, aksi donor darah malam itu lumayan ramai.  Bahkan selama kegiatan donor yang dilakukan pihaknya dalam bulan Ramadhan, donor kali ini sementara mendapat kantong darah terbanyak.

‘Alhamdulillah, mala mini kita berhasil mengumpulkan 60 kantong darah dari pendonor.  Sementara ini yang terbanyak dari sejumlah lokasi donor yang kita lakukan selama bulan puasa ini,” terang Fauzi.

Mewakili UDD PMI Aceh Utara, Fauzi mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah ikut berdonor dan berpatisipasi sehingga suksesnya kegiatan tersebut. Hal ini diharapkan dapat membawa manfaat bagi pendonor dan juga masyarakat yang membutuhkan. [red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *