Layarberita.com – Mitsubishi kembali memperkenalkan edisi spesial Pajero Sport. Harga Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fostgate Black Edition saat ini dibanderol mulai dari Rp572 jutaan. Sebagai edisi khusus, ternyata kelengkapan fitur keselamatan Black Edition tak kalah dari varian standarnya.

 Fitur Keselamatan Aktif

1. ABS+EBD

Anti-lock Braking System (ABS) merupakan salah satu sistem pengontrol yang mencegah terjadi penguncian pada roda ketika terjadi pengereman mendadak. Sehingga kendaraan masih bisa dikendalikan dan tidak terjadi selip.

Sedangkan Electronic Brakeforce Distibution adalah sistem bantuan ABS yang memberikan kontrol otomatis terhadap pendistribusian daya dan tenaga pengereman pada masing-masing roda. Sistem akan mengintrol pengereman pada roda sesuai dengan beban kendaraan dan kondisi berkendara.

Namun, ada yang kurang dari sistem pengereman yang ditawarkan oleh edisi khusus Pajero Sport, yaitu Brake Assist. Sistem yang bertujuan untuk membantu pengemudi ketika terjadi pengereman mendadak ini belum digunakan, sama seperti Pajero Sport standar yang dipasarkan Mitsubishi.

2. Ultrasonic Mis-Acceleration Mitigation System

Sejak generasi baru Mitsubishi Pajero Sport terbaru diperkenalkan pada 2015, Mitsubishi telah menyematkan berbagai sistem keselamatan tingkat tinggi pada mobil ini. Salah satunya dengan sistem berbasis komputer yang berguna untuk mencegah dampak benturan.

Sistem yang disingkat dengan nama UMMS ini bertugas untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan serta mencegah mobil menabrak rintangan di depan ketika pengemudi salah menekan pedal gas pada saat diam atau ketika berkendara dalam kecepatan 10 km/jam.

3. Adaptive Cruise Control (ACC)

Berbeda dengan fitur cruise control yang diberikan pada mobil Mitsubishi lainnya, sistem Adaptive Cruise Control (ACC) merupakan sistem keselamatan lanjutan yang diberikan pada Pajero Sport yang lebih canggih dan lebih baru.

Dikenal juga dengan nama sensor kecepatan adaptif, sistem ini dapat mempertahankan laju kendaraan pada kecepatan stabil tanpa menginjak pedal gas, atau cruise control. Serta dilengkapi kemampuan menyesuaikan kecepatan dengan kendaraan di depan, atau berteknologi adaptif.

4. Blind Spot Warning (BSW)

Mengingat bodi SUV Mitsubishi Pajero Sport yang cukup bongsor, teknologi diperlukan untuk mengurangi titik buta pada kendaraan. Dengan Blind Spot Warning, maka sistem akan mendeteksi dan memperingatkan jika ada kendaraan yang datang dari titik buta pengemudi.

5. Forward Collision Mitigation (FCM)

Fitur Pajero Sport yang cukup canggih ini akan mengurangi risiko kecelakaan dari depan menggunakan sistem radar. Sistem ini akan mendeteksi kendaraan yang berhenti secara mendadak dari depan dengan menghindari tabrakan atau mengurangi dampak yang lebih besar jika terjadi tabrakan dari depan.

6. Active Stability & Traction Control

Mitsubishi menggabungkan kedua fitur kontrol stabilitas dan kontrol traksi untuk menghadirkan pengendaraan yang lebih stabil di jalanan. Keunggulan sistem ini termasuk memberikan stabilitas yang lebih baik ketika berbelok dan meningkatkan traksi sepanjang perjalanan.

7. Hill Start Assist dan Hill Descent Control

Mobil Mitsubishi Pajero Sport pada awalnya memang dikhususkan sebagai kendaraan urban yang siap berkendara secara off-road. Maka kehadiran Hill Start Assist akan membantu pengemudi ketika berada di jalanan menanjak, apalagi ketika melalui tanjakan yang cukup curam.

Sebagai pelengkap fitur HAS yang menegaskan pengendaraan off-road dari SUV terbaru Mitsubishi ini, ada Hill Descent Control. Sistem ini berguna untuk menjaga kestabilan kecepatan ketika berkendara di jalanan dengan turunan tajam.

8. Trailer Stability Assist

Fitur ini meningkatkan kenyamanan ketika sedang menderek mobil lain atau membawa trailer pada bagian belakang. Dengan sistem TSA, maka mobil akan lebih stabil ketika menderek dengan mengurangi goyangan trailer/mobil yang berada di belakang.

Fitur Keselamatan Pasif

1. Airbag 7 titik

Tak hanya empat atau enam, Pajero Sport Black Edition dibekali dengan 7 airbag yang tersebar di seluruh kabin. Dari airbag depan, samping, hingga side airbag. Tapi airbag depan bisa dinonaktifkan ketika pengemudi membawa kursi bayi pada penumpang depan.

2. Sabuk Keselamatan Pretensioner

Mitsubishi cukup tahu bagaimana cara melindungi pengemudi Mitsubishi Pajero Sport ketika terjadi benturan, yaitu dengan sistem pretensioner. Pretensioner pada sabuk pengaman akan secara otomatis mengencangkan sabuk ketika terjadi benturan dan mencegah cedera yang lebih parah bagi pengemudi.

3. Bodi RISE (Reinforced Impact Safety Evolution)

Sebagai pelengkap sistem keselamatan Black Edition ada sistem rangka RISE khas Mitsubishi. Selain memberikan kenyamanan dengan rangka yang kokoh yang kaku, bodi RISE turut mengurangi dampak benturan ketika terjadi kecelakaan dan lebih baik dalam menyelamatkan penghuni kabin.

Kesimpulan

Meskipun tak memiliki perbedaan dengan versi standar, fitur Mitsubishi Pajero Sport Rockford Edition menawarkan berbagai kecanggihan sistem milik Mitsubishi. Menjadikannya sebagai salah satu mobil baru Mitsubishi dengan berbagai kelengkapan fitur untuk membantu berkendara. [autofun]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *