Kabupaten Siak - 2 minggu lalu

Istana Siak Kembali Dibuka untuk Umum Akhir Pekan Ini

[Infotorial Pemkab Siak] 

LayarBerita, Siak – Seiring kondisi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Siak yang mulai menurun, sejumlah aktifitas masyarakat akan kembali dijalankan.  Termasuk pembukaan sejumlah usaha masyarakat serta lokasi tempat wisata.  Namun semua warga dan pemilik tempat usaha tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Ada satu kabar gembira, lokasi sejarah yang menjadi kebanggaan Negeri Istana, yakni Istana Siak Sri Indrapura atau Istana Asserayah Hasyimiah, akan kembali dibuka untuk umum.  Jika tidak ada hal yang mengganggu, Istana Siak akan dibuka mulai Sabtu (20/6/2020). Meski akan segera dibuka untuk umum, pengunjung harus mematuhi aturan yang ditetapkan pemerintah.

“Kita berencana akan membuka kembali Istana Siak untuk umum. Terkait hal ini sudah kita rapatkan bersama dan kami sampaikan Istana Siak Sabtu ini (20/6/2020) sudah dibuka,” ungkap Bupati Siak H Alfedri,  Rabu (16/6/20).

Lanjut Alfedri, nantinya pengunjung yang boleh masuk akan dibatasi, maksimal sebanyak 25 orang, lamanya pengunjung di dalam juga dibatasi yakni hanya 30 menit.

“Pengunjung nanti bergiliran masuk. Petugas kita akan disiapkan di pintu masuk istana, untuk antrean kita juga siapkan tempat.  Serta harus mengikuti protokol kesehatan Covid-19,” jelas Alfedri.

Sambung Bupati Siak ini, dari kajian awal pemerintah untuk pusat kebudayaan, mulai 15 Juni sudah bisa dibuka. Namun harus menerapkan social distancing dan beberapa penyesuaian untuk menjaga penyebaran Covid-19.

“Untuk tahap awal, kita akan buka dulu Istana. Setelah itu kita juga akan mengundang ahli epidemiologi untuk mengkaji,” kata Alfedri.

Alfedri mengatakan, dibukanya pusat kebudayaan oleh pemerintah, merupakan suatu langkah awal menuju era normal baru di Kabupaten Siak, dimana saat ini dijadikan pilot project normal baru.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Siak Fauzi Asni, mengaku menunggu keputusan daerah, dalam hal ini tim gugus tugas penanganan Covid-19 Siak, untuk membuka kembali sejumlah objek wisata pasca Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Siak.

“Kami sudah siap, jika sudah ada instruksi dari pemerintah untuk dibuka. Maka akan kita buka,” jelasnya. [Abb]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *