Kabupaten Siak - 2 minggu lalu

Launching Menuju New Normal, Bupati Siak Imbau Warga Tetap Perhatikan Protokol Kesehatan

[Infotorial Pemkab Siak]

LayarBerita, Siak –  Peluncuran secara resmi tahapan Kabupaten Siak menuju new normal dilakukan langsung oleh Bupati Alfedri bersama unsur gugus tugas penanganan Covid-19.  Peluncuran tahapan new normal dipusatkan di bundaran Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah (TASL) Kecamatan Mempura, Rabu (17/6/2020).

Pada peluncuran tersebut, tampak hadir Kapolres Siak AKBP Doddy F Sanjaya, Kajari Siak Aliansyah, Sekretaris Dishub Siak Junaidi, dan Camat Mempura Desy. Peluncuran dilakukan di jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah, lantaran dianggap sebagai salah satu pintu masuk strategis Kawasan Tertib Protokol Covid 19.

“Pemerintah Kabupaten Siak mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh Tim Gugus Tugas Kabupaten. Terutama kepada unsur Forkopimda yang telah bersama-sama dengan Pemkab Siak mengerahkan segala daya upaya dalam memutus rantai penyebaran Covid-19. Alhamdulillah kita telah melewati tahapan PSBB dengan baik,” ungkap Alfedri usai kegiatan.

Lanjutnya, hingga kini di Kabupaten Siak, jumlah pasien positif Covid 19 tercatat berjumlah 4 orang dan tidak terjadi penularan di dalam daerah (transmisi lokal). Sehingga saat ini Kabupaten Siak bisa memasuki fase New Normal sebagai kelanjutan PSBB.

“Meskipun pada tahapan New Normal ini ada kelonggaran terhadap pelaksanakan berbagai aktifitas masyarakat. Pemerintah Daerah meminta agar pelaksanaannya tetap dalam tatanan disiplin yang tinggi.  Masyarakat tetap diminta melaksanakan protokol kesehatan,” ucap Alfedri.

Imbauan untuk mematuhi protokol kesehatan menurut Bupati Siak seperti, wajib pakai masker, selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktifitas, menjaga jarak minimal satu meter dan menghindari bersentuhan. Langkah-langkah inilah yang harus terus kita edukasi kepada masyarakat, agar kita terus dapat melaksanakan kegiatan yang produktif tetapi tetap aman Covid-19, jelasnya.

Menurut Alfedri, dari awal Pemerintah Daerah juga telah menetapkan dan mengimbau seluruh Camat untuk mempersiapkan pelaksanaan new normal dengan baik, serta mensosialisasikannya kepada masyarakat.

“Makanya langkah awal yang kita lakukan adalah bagaimana membuat suatu kawasan wajib pakai masker, yang dinamakan ‘Kawasan Tertib Protokol Kesehatan’. Kita berharap mampu mendorong masyarakat untuk dapat mentaati protokol kesehatan yang telah diatur. Diharapkan kawasan ini bisa menjadi model bagi kecamatan lain yang ada di Kabupaten Siak,” terangnya.

Sejumlah kawasan akan ditetapkan sebagai Kawasan Tertib Protokol Kesehatan diantaranya, kawasan Taman Tengku Agung, Pasar Belantik dan Kota Siak. Peluncuran Kawasan Tertib Protokol Kesehatan ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunan alat peraga dan sosialisasi protokol kesehatan di sekitar Bundaran Jembatan TASL. [Abb/rel]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *