Foto - Kuliner - 2 minggu lalu

Foto – Leumang Wak Saleh, Kuliner Legendaris di Bulan Ramadhan

LayarBerita, Lhokseumawe – Lemang merupakan kuliner nusantara yang hingga kini masih digemari banyak masyarakat di sejumlah wilayah di Indonesia. Lemang merupakan kuliner yang juga terkenal di beberapa wilayah, seperti di Kalimantan, Sulawesi Utara, dan Sumatera Barat.

Termasuk Provinsi Aceh, terutama pada bulan Ramadhan yang digemari sebagian besar masyarakat Aceh. Seperti halnya lemang wak Saleh, kuliner legendaris sebagai kudapan berbuka puasa selama bulan ramadhan ini masih diburu oleh warga Kota Lhokseumawe.

Kuliner yang terbuat dari beras ketan yang diisi ke dalam batang bambu dan dipanggang di atas api arang hingga matang. Lemang biasa dimakan sebagai hidangan buka puasa pada bulan ramadhan di Aceh, dengan tambahan selai khusus untuk menikmati lemang untuk cita rasa yang lebih nikmat.

Tradisi memasak dan membuat lemang bambu telah dilakoni keluarga almarhum Muhammad Saleh (Wak Saleh), sejak tahun 1970. Saat ini usaha lemang dikembangkan oleh anaknya, salah satu diantaranya adalah Marzuki.

Proses memanggang lemang dilakukan di dapur bagian belakang rumah Marzuki, yang dilakukan oleh beberapa pekerja. Setiap harinya dapur milik Marzuki memproduksi 80 hingga 100 batang Lemang, yang kemudian di jajakan oleh sejumlah pedagang di kawasan Kota Lhokseumawe.

Lemang Wak Saleh memiliki tekstur lembut dengan aroma wangi santan dan daun pisang yang khas. Oleh karena itulah, kuliner ini tetap ramai dicari warga untuk penganan berbuka puasa. [Teks dan Foto/Reza].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *