LayarBerita, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika terus fokus menjalankan fungsi sebagai bagian dari komunikasi publik untuk penanganan pandemi Covid-19, salah satunya dengan mengajak masyarakat menerapkan secara sungguh-sungguh protokol kesehatan.

Menurut Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Widodo Muktiyo, peranan komunikasi publik yang tengah difokuskan adalah mendesiminasi secara ketat pada 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. 

“Sekarang ini kita fokus pada 3M bagaimana kita memakai masker, menjaga jarak dan menuci tangan dengan air yang mengalir dan sangat bagus, dan itu kita fokuskan,” tutur Dirjen IKP Kominfo dalam program Indonesia Bicara TVRI, Jakarta, Kamis (10/9/2020).

Dirjen IKP menjelaskan, pemerintah sejauh ini telah memberikan suatu informasi yang bisa memberikan solusi dan juga memberikan arahan menghadapi pandemi Covid-19. Upaya tersebut diharapkan agar masyarakat bisa mematuhi protokol kesehatan dengan baik.

“Kalau di awal-awal kita kan memberikan informasi yang nuansanya kritis, saat ini kita harus bagaimana dalam era kebiasaan baru menjadi suatu strategi baru. Ternyata kalau kita lihat perkembangannya, saat ini protokol kesehatan yang sudah diketahui oleh banyak pihak, masyarakat luas ini belum dijalankan secara sungguh-sungguh sehingga memang Covid-19 masih tambah terus, dan ini perlu kita galakkan dalam konteks komunikasi publik,” jelasnya.

Menurut Dirjen Widodo Muktiyo, situasi saat ini memerlukan mekanisme yang harus dilaksanakan. Sebab, benteng pertahanan untuk melawan pandemi Covid-19 adalah fokus menerapkan 3M.

“Minggu-minggu ini kita mulai bagaimana kita harus menjaga jarak, bagaimana kita berinteraksi betul-betul jaga jarak, paling tidak tangan kita itu kita bentangkan, juga tangannya orang lain yang kita bicara itu sama, kurang lebih 1,5-2 meter,” imbuhnya.

Dirjen IKP berharap protokol kesehatan harus dijadikan pegangan untuk semua masyarakat, “Mohon sekali lagi masyarakat bisa mematuhi protokol kesehatan ini, dan ini nanti akan kita gaungkan. Bulan depan kita tambah lagi, kita harus kemudian sesering mungkin mencuci tangan dengan air yang mengalir dan dengan menggunakan sabun,” pintanya.

Selain Dirjen IKP Kominfo Widodo Muktiyo, Dialog Indonesia Bicara TVRI bertajuk Peranan Komunikasi Publik dalam Penyampaian Protokol Kesehatan, juga menghadirkan Kepala Dinas Kominfo Jawa Barat, Setiaji. (rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *