[Infotorial Pemkab Siak]

LayarBerita, Siak – Menindaklanjuti aturan pemerintah usai pemberlakuan PSBB di Kabupaten Siak, akan menjalankan penerapan new normal.  Untuk itulah, Pemerintah Kecamatan Bungaraya melakukan sosialisasi kepada masyarakat.  Seperti halnya yang dilakukan oleh Pemerintah Kampung Temusai, Selasa (9/6/2020).

Penghulu Kampung Temusai Markuat, menjelaskan kepada masyarakat apa yang dimaksud dengan ‘new normal’. Menurut Markuat, new normal adalah perubahan perilaku hidup dari yang tak normal menjadi normal.  Tetapi meskipun demikian, dalam kehidupan normal, juga harus mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan Covid-19.

“Setelah PSBB yang sudah kita laksanakan, saat ini kita akan menerapkan new normal. Pada tahapan new normal ini, Saya berharap kepada masyarakat untuk dapat menjaga pola hidup sehat, jaga jarak dan pakai masker dan rajin cuci tangan. Saran Saya kepada Kadus, RT/RW untuk mensosialisasikan new normal.  Saya mengucapkan terimakasih kepada bapak camat yang selama ini telah mensupport kita semua dalam melaksanakan PSBB dan New Normal,” ungkapnya.

Sementara itu Camat Bungaraya Amin Soimin dalam sambutannya juga mengatakan, bahwa New Normal di wilayah kecamatan sudah mulai dilaksanakan. Sebagai salah satu contoh yang sudah melaksanakan new normal adalah Kampung Jayapura.

“Untuk saat ini, Alhamdulillah di daerah kita masih zona hijau, kemarin kita sudah PSBB sekarang kita sudah dilonggarkan dengan new normal. Kita juga berterimakasih kepada Bupati Siak Alfedri. Tapi walaupun zona hijau, beliau sudah menerapkan PSBB dan New Normal demi keselamatan masyarakatnya. Bahkan mengorbankan anggaran APBD Siak untuk membantu masyarakat yang terdampak COVID-19,” ungkapnya.

Lanjut Camat, masyarakat Kampung Temusai selama ini bisa dikatakan sudah mematuhi anjuran pemerintah, namun ada sebagian juga yang kurang patuh mentaati imbauan dari pemerintah, mungkin karena kesadaran masih kurang.

“Saya berharap masyakarat bisa mengikuti protokol kesehatan Covid-19 di new normal. Baik di tempat ibadah seperti masjid, mushalla, gereja dan tempat tempat keramaian lain seperti pasar. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada tokoh agama, masyarakat, adat dan pengurus masjid, gereja yang datang hari ini untuk mengikuti sosialisasi new normal. Semoga bisa diterapkan ditengah- tengah masyarakat,” harapnya.

Kapolsek Bungaraya AKP Amarullah, mengharapkan kepada masyarakat bisa mengikuti arahan dari pemerintah untuk mensosialisasikan new normal. Sebagai aparat, tentunya mengajak masyarakat untuk disiplin dalam segala hal, khususnya dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19.

“Sebagai tokoh agama, tokoh masyarakat, adat dan sebagai pengurus masjid  serta gereja, kita dulukan selangkah dan sebagai cerminan masyarakat.  Maka  dari itu, mari kita mengajak masyarakat untuk disiplin menjalankan imbauan pemerintah,” terangnya.

Kepada gugus tugas kampung, Amarullah mengharapkan agar dapat bekerjasama dengan penghulu yang juga sebagai ketua gugus tugas, untuk menjalankan program pemerintah dalam penanggulangan Covid-19.

“Bantu pemerintah kampung dalam mensosialisasikan dan menerapkan protokol Covid-19. Agar masyarakat bisa mempraktikkan dan mentaati anjuran pemerintah,” imbau Kapolsek.

Sosialisasi penerapan new normal Pemerintahan Kampung Temusai diadakan di aula Kantor Kampung Temusai, yang dihadiri oleh Camat Bungaraya, Amin Soimin, Kapolsek Bungaraya AKP Amarullah, Satpol-PP, Babinsa dan Babinkamtibmas, Penghulu Kampung Temusai Markuat, Ketua Bapekam, LPM, tokoh masyarakat, tokoh agama,tokoh adat, pengurus masjid/mushola dan gereja, pemilik Ruko, ketua RT/RW, Kadus dan pemilik usaha serta masyarakat Kampung Temusai. [Sugianto]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *