Lifestyle - Rubrik - 8 April, 2020

Perangi Pandemi Covid-19, Grab Luncurkan Gerakan Kita Vs Corona

LayarBerita, Banda Aceh – Sejalan dengan instruksi Presiden Joko Widodo  kepada masyarakat Indonesia untuk bekerja, belajar dan beribadah di rumah pada tanggal 16 Maret 2020. Grab Telah meluncurkan berbagai inisiatif untuk memerangi pandemik COVID-19  melalui gerakan Kita VS Corona yang diluncurkan di berbagai kota di seluruh Indonesia, termasuk diantaranya wilayah Banda Aceh dan sekitarnya.

“Gerakan Kita VS Corona merupakan langkah awal kepada seluruh rangkaian mitra pengemudi, pengantaran, merchant dan karyawan Grab dalam memerangi pandemi COVID-19. Langkah selanjutnya,  kita telah menempatkan berbagai upaya pencegahan tambahan serta paket dukungan untuk melindungi kesehatan, kesejahteraan, dan keberlangsungan hidup seluruh rangkaian mitra kami di seluruh Indonesia, khususnya untuk wilayah Banda Aceh dan sekitarnya,” ungkap Hery Marwansyah, City Lead Aceh, Grab Indonesia.

Sementara itu, Munandar, Partnership, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Aceh, menyambut baik upaya yang dilakukan oleh Grab di Banda Aceh dalam menanggapi pandemi COVID-19.

“Saya sangat mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh Grab Aceh, yakni berupa penyemprotan desinfektan bagi kendaraan mitra pengemudi Grab Car dan Grab Bike di kota Banda Aceh. Ini merupakan kegiatan yang sangat positif dalam situasi penyebaran COVID-19 yang semakin luas,” ujar Munandar.

Sehingga perlu ada langkah antisipasi pencegahan dan hal ini telah dilakukan oleh Grab Aceh. Dirinya berharap pengusaha-pengusaha angkutan lain dapat mengikuti apa yang dilakukan Grab Aceh, untuk melindungi mitra pengemudi dan pelanggan dari penyebaran virus COVID-19.

Sejak dimulainya wabah penyebaran virus COVID-19 pada bulan Desember 2019. Grab Indonesia telah memonitor situasi dan mempersiapkan seluruh pihak Grab guna merespon terhadap wabah COVID-19. Di Grab, pihak manajemen  menempatkan kesehatan dan keselamatan pelanggan, Mitra Pengemudi dan merchant kami sebagai prioritas utama dalam seluruh kegiatan operasionalnya.

Melalui upaya jaga jarak sosial yang aman dan efektif, kemitraan dari segi teknologi dan inisiatif edukasi, kami telah menerapkan langkah-langkah tegas untuk membatasi pandemi COVID-19 di Indonesia termasuk di Banda Aceh dan sekitarnya.

Berikut merupakan berbagai inisiatif Grab dalam pencegahan pandemi COVID-19 di wilayah Banda Aceh dan sekitarnya :

Penyemprotan Disinfektan bagi kendaraan mitra pengemudi Grab Bike dan Grab Car di Banda Aceh dan sekitarnya. Melakukan Edukasi Gaya Hidup Sehat dan Pencegahan Penyebaran COVID-19 kepada mitra pengemudi secara online melalui aplikasi Grab Driver serta secara offline dengan protokol social distancing/jaga jarak sosial.

Mitra pengemudi dan pengiriman adalah tulang punggung platform kami. Kami juga telah mempersiapkan paket Grab Care untuk memberikan bantuan keuangan dan medis kepada mitra pengemudi Grab. Hal ini dilakukan jika diantara mereka ditempatkan pada karantina yang dimandatkan otoritas kesehatan publik/pemerintah, atau telah dites positif terhadap COVID-19.

Mitra pengemudi juga dapat menggunakan manfaat Grab Benefits yang terdiri dari diskon untuk mencuci jaket, serta cuci motor dan mobil.

Inisiatif diatas melengkapi berbagai inisiatif #KitaVSCorona  yang telah diluncurkan secara nasional yang diantaranya terdiri dari:

Fitur Pemesanan Tanpa Kontak untuk Layanan Grab Food dan Grab Express: Sebagai langkah perlindungan bagi pelanggan dan mitra pengantaran, kami telah memperkenalkan Pemesanan Tanpa Kontak bagi pelanggan dan mitra pengemudi.

Pelanggan Grab Food dan Grab Express dapat mengikuti panduan Pemesanan Tanpa Kontak yang tersedia dalam aplikasi atau dengan mengikuti tiga langkah mudah berikut:

Informasikan mitra pengantaran untuk meletakkan pesanan di luar pintu atau lokasi tertentu seperti resepsionis gedung jika diizinkan oleh manajemen gedung yang bersangkutan.

Mitra pengantaran akan memberitahu pelanggan saat mereka telah tiba di lokasi pengantaran, meletakkan pesanan di tempat yang telah ditentukan dan menunggu pelanggan untuk mengambil pesanan dimana mereka akan berdiri setidaknya 2 meter dari pesanan tersebut.

Kami sangat menyarankan pelanggan untuk memilih pembayaran non-tunai. Jika penggunaan uang tunai tidak dapat dihindari, pelanggan dapat meletakkan uang tersebut di dalam amplop dan menaruhnya di tempat pesanan yang telah ditentukan sebelumnya.

Edukasi pencegahan COVID-19 bagi mitra merchant Grab Food

Manajemen Grab juga telah melakukan edukasi tentang pentingnya kebersihan makanan dan menyusun pedoman baru kepada para mitra merchant untuk mendorong penggunaan jaring rambut, masker bedah dan sarung tangan ketika menyiapkan hidangan, serta mencuci tangan secara teratur selama 20 detik dan melakukan penyemprotan desinfektan ke area kerja mereka secara teratur sebelum dan sesudah mempersiapkan  makanan.

Mitra pengantaran juga diimbau untuk mencuci tangan mereka secara teratur, membersihkan tas Grab Food mereka secara berkala dengan cairan disinfektan, dan menerapkan metode pengantaran tanpa kontak setiap waktu

Menghubungkan masyarakat dan bisnis dengan Grab Express

“Dengan semakin banyaknya bisnis yang mengimplementasikan kebijakan untuk bekerja dari rumah, dan semakin banyak masyarakat Indonesia yang berdiam di rumah, kami memperluas jaringan Grab Express kami melalui kerja sama dengan Ninja Xpress,” ujar Hery.

Pelanggan dapat menggunakan layanan pengirimanon-demand Ninja Xpress di aplikasi Grab  dengan jangkauan pengiriman dari Jabodetabek menuju Bali, Sumatra, Kalimantan, Maluku, Nusa Tenggara, Sulawesi dan Papua dengan tarif yang terjangkau.

“Kami berharap konsumen, mitra pengiriman dan mitra merchant Grab untuk terus saling menjaga dengan tetap waspada dan menerapkan praktik kebersihan yang baik. Kami akan memanfaatkan #Kita VS Corona untuk memastikan masyarakat Indonesia menerima informasi COVID-19 yang terkini dan andal untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan masyarakat,”  tutup Hery.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *