LayarBerita, Bekasi – Wakil ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi mengapresiasi pemanfaatan limbah atau sampah pasar menjadi pupuk organik yang berguna untuk tanaman pertanian yang dilakukan oleh PT Bio konversi Indonesia.

Hal itu diungkapkan Dedi saat mengunjungi pabrik pengolahan limbah PT Bio Konversi Indonesia, Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (4/9/2020).

“Selama ini limbah organik dan non organik belum optimal dimanfaatkan. Dan kebetulan ada industri (walaupun saya lihat skalanya masih kecil), mampu memanfaatkan seluruh limbah. Tadi kami lihat bersama, limbah yang digunakan merupakan limbah pasar. Dan ini menurut saya sangat baik untuk pertumbuhan ekonomi, yang diawali dengan pertumbuhan ekosistem,” ujar Dedi.

Pemanfaatan sampah pasar ini, lanjut Dedi, tidak hanya berguna untuk kesehatan lingkungan sekitar, namun juga bermanfaat untuk pertanian. Bahkan tidak hanya itu pupuk organik ini selain harganya lebih terjangkau oleh petani, juga sebagai salah satu solusi untuk mengatasi ketergantungan petani kita terhadap pupuk kimiawi, yang notabene menggunakan bahan baku impor.

Tidak berlebihan jika kemudian Dedi yang didampingi oleh beberapa anggota Komisi IV DPR RI lainnya seperti Guntur Sasono, alien Mus, Slamet, Vita Ervina, Emma Umiyatul chusna, Abdullah Tuasikal, T.A Khalid, dan Mutarom berharap kedepan akan dapat muncul pabrik-pabrik sejenis di seluruh Indonesia, yang bisa mengolah limbah atau sampah pasar menjadi pupuk organik yang bermanfaat bagi pertanian. (rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *