News - 5 April, 2020

Tanah Longsor di Tana Toraja dan Tanah Datar, 3 Warga Meninggal Dunia dan 2 Hilang

LayarBerita, Jakarta – Berdasarkan data yang diterima Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, ada dua daerah yang dilanda bencana tanah longsor.  Adapun daerah tersebut adalah, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan dan Tanah Datar, Sumatera Barat.

Bencana tanah longsor terjadi di Kelurahan Botong, Kecamatan Makale Selatan, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan pada Sabtu (4/4/2020) dini hari pukul 00.00 WITA.

Menurut perkembangan laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tana Toraja, peristiwa tersebut menyebabkan tiga warga meninggal dunia dan sedikitnya sebanyak 20KK mengungsi ke rumah kerabat terdekat.

Selain itu, tanah longsor yang dipicu oleh hujan dengan intensitas tinggi sejak sore sebelumnya juga mengakibatkan satu unit rumah rusak berat dan satu titik jalan nasional terputus karena tertimbun material longsoran.

Upaya yang masih dan terus dilakukan oleh Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Tana Toraja hingga saat ini adalah melakukan kaji cepat untuk perkembangan data dan informasi serta berupaya melakukan evakuasi para korban bersama unsur TNI, Polri, Tim SAR dan warga setempat.

Sementara itu, menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Agus Wibowo, bencana tanah longsor juga terjadi di Desa Guguk Malalo, Kecamatan Batipuh Selatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Minggu (5/4) pukul 05.30 WIB.

Peristiwa yang terjadi karena intensitas hujan tinggi tersebut menimpa dua unit rumah dan beberapa bangunan dan menyebabkan dua orang hilang.

Laporan sementara, Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Datar tengah melakukan kaji cepat dan mencari korban bersama unsur TNI, Polri, Basarnas dan warga setempat. [bnpb]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *