Aceh Utara - 4 April, 2020

Antisipasi Sebaran Covid-19, Puskesmas Syamtalira Bayu Semprot Disinfeksi Fasilitas Publik

LayarBerita, Aceh Utara – Sinergitas Pemerintah Pusat dan daerah guna bekerja ekstra untuk memberantas penyebaran virus corona (covid-19). Bupati Aceh Utara, H. Muhammad Thaib beserta seluruh elemen yang terlibat dalam tim Satgas Covid-19 Kabupaten Aceh Utara secara simultan berupaya maksimal.

Dalam hal ini, upaya Pemerintah Kabupaten Aceh Utara di lingkungan Kecamatan Syamtalira Bayu telah melaksanakan pendeteksian dini, sosialisasi dan penyemprotan disinfeksi fasilitas umum di wilayah kerjanya.

Camat Syamtalira Bayu, T. Bustamam, didampingi Kepala Puskesmas Syamtalira Bayu serta unsur Muspika lainnya memberikan edukasi terkait antisipasi dan potensi resiko covid-19.

Terlibat dalam kegiatan itu diantaranya adalah Tim Satgas Covid-19 Kecamatan Syamtalira Bayu, yang terdiri dari Camat, Kepala Puskesmas, Kapolsek, Danramil dan juga didukung oleh perangkat gampong yakni Mukim dan para Keuchik, terutama Geuchik Gampong Dayah Blang Serkuy yang telah menyiapkan alat Thermo Gun, sehingga kegiatan pendeteksian dini covid-19 dapat terlaksana dengan baik dan relatif cepat.

Pelaksanaan pendeteksian dini ini juga dibarengi dengan sosialisasi dan disinfeksi pada fasilitas umum seperti Masjid, Meunasah, Balee Desa, Dayah dan lain sebagainya.

Kepala Puskesmas Syamtalira Bayu, dr. Weldi Junaidi kepada wartawan  menuturkan bahwa kegiatan deteksi dini dan disinfeksi ini dilakukan agar masyarakat, terutama yang baru pulang dari luar negeri atau kota yang terjangkit merasa dipedulikan karena telah diperiksa.

“Juga untuk memilah mana yang termasuk golongan OTG dan yang mana termasuk golongan ODP.  Agar masyarakat Syamtalira Bayu lebih tenang dan tidak panik dalam menghadapi wabah Ccvid-19 ini,” ujar Weldi.

Saat ini telah dilakukan sosialisasi ke seluruh gampong, sedangkan untuk pendeteksian dini dan desinfeksi, baru dilakukan di 3  gampong saja. Hal ini  dikarenakan fasilitas yang terbatas.

“Harapan kita agar yang lain juga ikut serta berperan lebih aktif dalam melaksanakan pendeteksian dini, sosialisasi dan disinfeksi. Seperti menyiapkan alat pendukung serta berperan secara mandiri,” urai Kapus Syamtalira Bayu.

Pada bagian lain, Muspika meminta masyarakat untuk mematuhi protokol pencegahan covid-19, dengan tidak berada di tempat keramaian serta senantiasa menerapkan pola hidup bersih dan sehat, juga bekerja sama sesuai dengan arahan pemerintah serta berdoa dan memohon perlindungan dari Allah SWT, agar bencana non alam ini segera usai dan dapat cepat berlalu. [rel]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *