LayarBerita, Buenos Aires, Argentina – Indonesia melalui program “Indonesia Solidaria” menyalurkan  bantuan sebagai aksi kepedulian bagi masyarakat Argentina yang terdampak Covid-19. Program “Indonesia Solidaria” dilakukan dalam rangka memperingati 75 tahun kemerdekaan Indonesia. Melalui program ini, KBRI Buenos Aires sampaikan  bantuan alat sanitasi dan makanan pokok kepada Pemerintah Provinsi Buenos Aires (28/9/2020).

“Indonesia es su amigo, Indonesia es su hermano y lo más importante, Indonesia para vos  (Indonesia adalah sahabatmu, Indonesia adalah saudaramu, dan yang terpenting adalah Indonesia untukmu),” ujar Duta Besar RI Buenos Aires, Niniek Kun Naryatie saat penyerahan bantuan.

KBRI Buenos Aires juga membiayai operasional 2  dapur umum di kota Lanús, Provinsi Buenos Aires, selama lima hari dari 28 September s.d. 2 Oktober 2020.

Lanús adalah kota penyangga ibukota Buenos Aires yang berpenduduk 450 ribu jiwa. Sejak pandemi, sektor industri yang menjadi andalan kota ini ikut lesu. Untuk bertahan hidup, masyarakat yang kurang mampu mengandalkan dapur umum milik Pemerintah atau komunitas masyarakat setempat.

Mereka rela mengantri untuk mendapat makanan berupa sup, pasta, atau kentang untuk makan siang. Sejak pandemi, keberadaan dapur umum semakin menjamur untuk memberi makan puluhan ribu masyarakat kurang mampu setiap harinya.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Hubungan Lembaga dan Internasional Provinsi Buenos Aires, Sofia Sternberg, mengucapkan terima kasih, sekaligus menyampaikan bahwa bantuan yang diberikan akan sangat membantu masyarakat di Provinsi Buenos Aires”, ujarnya. Ia juga mengharapkan setelah usainya pandemi, akan lebih banyak kerja sama yang dapat dilakukan antara Indonesia dan Argentina, terutama dengan Provinsi Buenos Aires.

Duta Besar Niniek Kun Naryatie menegaskan bahwa persahabatan tidak mengenal hambatan geografis. Pandemi Covid-19 yang berdampak luar biasa mengharuskan setiap negara untuk tolong-menolong. Pesan ini pulalah yang disampaikan Presiden Indonesia Joko Widodo, kepada seluruh pemimpin  dunia pada saat Sidang Majelis Umum PBB ke-75. “Solidaritas ini diwujudkan Pemerintah Indonesia melalui KBRI Buenos Aires, dengan memberikan bantuan alat sanitasi, makanan pokok, dan operasional dapur umum,” ujar Dubes Niniek. (rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *