Layarberita.com – Rostec State Corporation, pabrik senjata asal Rusia memamerkan sistem flamethrower berat TOS-1A kepada sejumlah pelanggan asing di Nizhny Tagil Institute of Metal Testing’s (NTIIM) Staratel Proving Ground di Nizhny Tagil.

Menurut Direktur Jenderal Rosoboronexport Alexander Mikheev, sistem flamethrower berat TOS-1A merupakan senjata unik untuk pasar senjata dunia.  Yakni satu-satunya senjata pendukung tembakan jarak pendek yang mematikan di dunia.

“Peralatan semacam itu tidak diproduksi di mana pun di dunia kecuali Rusia, dan kami bangga menunjukkannya kepada mitra asing kami. Sistem ini telah berulang kali menunjukkan kemampuannya yang mengesankan untuk menghancurkan kelompok-kelompok teroris dalam kondisi pertempuran nyata di Timur Tengah. Karena kinerjanya yang tak tertandingi, TOS-1A telah bertahan dalam 5 senjata teratas yang dipasok oleh Rosoboronexport kepada pasukan darat pelanggan,” ujar Alexander Mikheev seperti dilansir dari militermeter.com.

Selama demonstrasi di Staratel Proving Ground, sistem TOS-1A menyelesaikan semua tugasnya dengan baik. Pengamatan visual dan analisis data yang cepat mendukung kinerja dan keandalan dalam membidik sasaran pada jarak yang berbeda.

Berbeda dengan kebanyakan peluncur roket multipel Sistem (MRLS) yang ada saat ini, kendaraan peluncur BM-1 dari sistem TOS-1A memiliki perlindungan setingkat MBT dan jarak tembak minimum 600 m (jangkauan maksimum 6 km), dapat melakukan misi tempur yang diperlukan di depan area pertempuran (forward edge of the battle area – FEBA) dalam waktu yang sangat singkat.

Semua MLRS yang ada memiliki jarak tembak minimum yang lebih jauh dan ditempatkan pada jarak yang cukup jauh dari FEBA. TOS-1A beroperasi dalam formasi tempur pasukan, yang mengurangi waktu pembidikan dan meningkatkan efisiensi fire control. Sistem ini mampu memberikan tembakan tidak langsung dan langsung pada sasaran yang terlihat segera setelah terdeteksi.

Menurut Igor Lobov, Direktur Jenderal Omsktransmash, pengembang dan produsen TOS-1A, “sasis tank menyediakan mobilitas taktis dan perlindungan awak tingkat tinggi, dan juga memungkinkan untuk dengan cepat pindah ke posisi menembak yang diperlukan dan beroperasi di zona kontak tembakan langsung dengan musuh, yang tidak bisa dilakukan oleh sistem artileri. ”

Kendaraan peluncur beroda rantai BM-1 membawa peluncur roket 24 laras 220 mm. Kendaraan ini menembakkan roket tak berpemandu yang dikembangkan oleh Ganichev NPO SPLAV (bagian dari Rostec State Corporation). Roket dilengkapi dengan hulu ledak termobarik yang mampu menghancurkan posisi musuh yang terlindung, termasuk benteng, dengan sarana minimal. Tembakan salvo penuh berlangsung hanya dalam beberapa detik, mampu menghancurkan pasukan musuh di atas area seluas 40.000 meter persegi. [armyrecognition.com]

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *