LayarBerita, Lhokseumawe – Lima pasien Covid-19 asal Kota Lhokseumawe yang selama ini di rawat di ruang isolasi RSU Cut Mutia, Aceh Utara di Buket Rata, Lhokseumawe, dipulangkan ke rumahnya, Rabu (1/7/2020). Pemulangan pasien yang kondisinya sehat ini telah mendapat persetujuan tim gugus tugas Covid-19 Kota Lhokseumawe untuk kembali ke rumah.  Sementara hasil Swab kelima pasien tersebut belum keluar untuk kepastian kesembuhannya.

Kepastian telah kembalinya 5 pasien yang mempunyai hubungan kerabat ini dibenarkan oleh Kepala Dinas kesehatan Kota Lhokseumawe, dr Said Alam Zulfikar.  Temasuk kepastian kalau kelima pasien tersebut belum ada kepastian hasil Swab dari Laboratorium Balitbangkes di Banda Aceh.

“Iya mereka sudah berada di rumah kembali saat ini,” ujar Said menjawab layarberta.com.

Saat ditanya apakah sudah ada kepastian kalau kelima pasien tersebut sudah sembuh? Kadinkes Kota Lhokseumawe mengaku belum dapat memastikan hal tersebut, karena masih menunggu hasil pemeriksaan Swab.  Namun kondisi mereka saat ini baik-baik saja dan pihak keluaga meminta agar dilakukan perawatan di rumah.

“Sesuai permintaan keluarga, agar mereka menjalani perawatan di rumah, sambil menunggu hasil Swab.  Apalagi mereka sudah menjalani perawatan di rumah sakit lebih dari 14 hari. Meski demikian, warga ini tetap dalam pantauan pihak medis dan gugus tugas Covid-19 Pemko Lhokseumawe,” terang Said.

Terkait kekhawatiran nantinya pasien tersebut akan keluar rumah dan berbaur dengan masyarakat.  Kadiskes Lhokseumawe mengatakan semua itu sudah dibahas oleh tim gugus untuk menjaga mereka dengan baik, termasuk pemeriksaan kesehatan.

“Kan gugus tugas ada mulai dari tingkat kota, kecamatan hingga desa.  Jadi mereka akan terus diawasi untuk belum boleh keluar selama masa perawatan.  Satu hal lagi, akan terus dipantau oleh pihak dokter,” ungkapnya. [agt]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *